CATATAN PERJALANAN RUHANI


BERSAMA ROSULULLAH

clip_image001Hari itu hari Juma’t ,hari kedua aku di Mekah almukaromah.melaksanakan ibadah sholat jum’at di masjidil haram adalah dambakan saya.pagi pagi aku segera berbenah dan berangkat agak pagi agar dapat tempat sholat dekat Baitullah ka’bah.Alhamdulillah bapak bisa kuajak jum’atan dan ibu tetap tinggal di asrama karena harus banyak istirahat.saya, bapak ,istri dan satu teman istri berangkat . langsung menuju masjidil haram dan segera mencari tempat yang posisinya agak dekat Ka’bah atau paling tidak masih melihat ka’bah ketika sholat. Alhamdulillah memdapat tempat agak dekat ka’bah tapi masih didalam masjid sehingga tidak panas,isteriku dan temennya duduk di dekatku (saat haji di masjidil haram tidak ada pemisah perempuan dan lelaki sehingga aku bisa sholat berdampingan dengan isteri ).sambil menunggu sholat jum’at tiba , sholat tahiyatul masjid dua raka’at .kemudian duduk sambil terus mengucapkan dzikir2 yan telah aku siapkan dari bapak ( do’a dan dzikir baik sebelum berangkat haji sampai haji insya Allah akan saya kumpulkan tersendiri ),dan setelah beberapa menit ….tiba tiba bapak menyenggol tangan saya sambil berbisik Rosulullah rawuh …(rasul datang ….) sholawatnya dibaca terus …kata bapak..dan saya pun terus membaca sholawat….saya menoleh ke bapak tapi bapak sudah tidak ada respon ( seperti biasanya ..alamnya berarti sudah pindah ke alam RUH ) ….tapi bapak terus menangis air mata menetes banyak sekali sehingga handuk kecilku saya keluarkan dari tasku dan aku berikan untuk mengusap airmatanya.tentu saja saya tidak tahu apa yang terjadi, aku terus baca sholawat seperti yang diperintahkan bapak.hal itu berlangsung cukup lama …dan akhirnya waktu khotbah jum’atpun dimulai.Seusai sholat jum,at aku bertanya pada bapak : ketemu rosul pak ??. ya….:jawabnya."lalu rosul bilang apa ?":kata saya."Cuma bilang teruskan dzikirnya……nanti ketemu di jabal nur":katanya .kata kata itu saya tafsirkan berarti bapak akan ketemu Rosulullah lagi nanti kalau ziarah ke jabal nur se usai haji.Hari itu cukup panas ,hendak langsung pulang masih macet dan susah mencari taksi,maka atas usul isteriku makan siang dulu . Ku beli kebab dan fresh orange juice agar perut tak begitu kosong, setelah itu kuputuskan segera pulang , agar bapak bisa istirahat. Ditengah perjalan pulang tiba tiba bapak minta diantar ke toilet ,sehingga harus kembali ke masjid karena toilet berada di areal masjidil haram .lumayan jauh .Dan ketika aku turun ke tangga menuju toilet ,antrian cukup panjang .Bapak saya suruh kebelakang dan pegangan ke bahu saya…..akupun selalu peringatkan " jangan terlepas pak……….. nanti antri aja gak usah buru buru "…….. coba kalu tadi langsung ke toilet pasti gak begini antrinya………. Dan saya ngomong terus……tapi kok gak ada suara bapak ku , jangan jangan ketinggalan jauh di belakang pikir saya ……. Dan akupun menoleh kebelakang… ternyata bapak sudah tidak terlihat lagi …..aku tetap turun tangga, saya tunggu ….10 menit gak ada…..saya coba cari kesetiap toilet tidak ada ….saya gelisah sekali………saya berfikir sejenak……tak ada gunanya mencari ,karena kerumunan orang semakin banyak….akhirnya kuputuskan lebih baik pulang saja.Akhirnya aku pulang dan menenangkan ibuku ,serta mohon berdoa agar bapak kembali secepatnya.

Akhirnya ba’da maghrib beliau datang ke asrama ..katanya diantar seorang calon haji dari Indonesia mengaku namanya tomy pakaianya kumuh mengantar bapak sampai dipintu kamar…….terus ketika bapak akan mengembalikan uang sebagai ganti uang taksi miliknya …..tiba2 orang itu lenyap begitu saja tanpa pamit.

Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan bapak tak pernah ceritera padaku.dan akhirnya pada suatu hari,ketika dalam kamar tinggal berdua bapak dan aku, sedangkan teman teman haji lainya pada keluar bapak berceritera padaku :"ketika aku hilang sebenarnya aku diajak rosulullah :katanya agak berbisik padaku ………. Subhanallah kataku dalam hati. Terus gimana pak diajak kemana aja : kataku ingintahu.selanjutnya bapakku menceriterakan : …..tahu tahu saya di jabal nur bersama eyang ( ruh eyang buyut ku yang selalu mendampingi bapak…SEBAGAI guru dan pembimbingnya ) disitu ada rosulullah ,empat sahabat , dan eyangku, kemudian rosulullah bersabda : "inilah tempat aku mendapat wahyu pertama dari Allah swt, sumber dipancarkanya kehidupan, penghidupan, dan hidup seluruh makhluk di dunia.Disinilah sumber pancaran langsung ke alam LAHUD ;"’IBADUL MASYARIK " tempat ibadah hamba hamba Allah dari timur,pelaksanakan amaliah ibadahnya di masjidil HARAM,sedang masjidil Aqsa adalah tempat ibadah hamba hamba Allah dari barat :’IBADUL MAGRIBI "kemudian beliau membacakan surat al ‘alaq ayat 1 s/d 5 ,ayat ini merupakan pokok isi seluruh ayat dalam Al-Qur’an (6.666 ayat )dan kemudian surat alfatihah ini merupakan ringkasan pelaksanakan ,dari isi alqur’an .Apabila seorang hamba telah melaksanakan /mengamalkan isi Al-QUr’an,maka ALLAH akan memberikan Hikmah melalui pancaran daya khasiatnya surat Al-fatihah yaitu seorang hamba akan diberikan : ISTI’ADAH (perlindungan); AKIDAH ( Keimanan); ISTI’ANAH (pertolongan); HIDAYAH (petunjuk); ISTIQOMAH ( lurus ) oleh Allah SWT.kemudian beliau berpesan agar nanti mengambil batu jabal nur dan jabal rahmah .dan bapakpun agak ragu lalu bertanya untuk apa batu itu ??.belaiu bersabda:"Insya Allah dengan izin Allah,engkau akan tahu sendiri nanti ". Akhirnya, setelah tauziah bapak diajak ke masjidil aqsho disitu sholat berjamaa’h dengan para nabi dan wali dua rokaat di imami oleh nabiullah ADAM ‘alaihis salam. Sholatpun selesai …tiba tiba bapak kembali lagi ditempat semula (waktu hilang ) di tangga menuju arah toilet. bapak agak kebingungan mencari aku akhirnya dia duduk disekitar masjidil haram…dan setelah menjelang magrib datang orang yang mengaku bernama TOMY,lalu mengantar bapak sampai asrama.Dan….orang itupun hilang begitu saja ketika bapak mau ganti uang taksi yang dibayarnya.

      Hari hari menunggu wukuf pun berlalu maka hari ini di mulai perjalanan ke Musdalifah lalu ke Arafah dan Mina. Saat itu wukuf di Arofah , ketika malam tiba kira kira jam satu dini hari aku dibangunkan bapak untuk sholat malam,sepeti bisanya setelah sholat kami melantunkan do’a dan dzikir yang telah aku siapkan.beberapa saat menjelang selesai dzikir bapak memanggil aku katanya : " itu batunya diambil " saya agak binggung maksutnya apa…batu yang mana ?"."Batu apa .. pak…?"tanyaku."itu batu yang menyala……. yang ituu…. kerlip kerlip di dekatmu itu…"saya makin binggung nggak ada batu yang kerlip kerlip….. dimana fikir saya…? nggak ada pak.kataku;oh ya..sebentar bapak berdiri dan langsung menunjuk sebuah batu didekatku.tentu saja dimataku batunya tidak nyala.

Peristiwa itu ada kaitanya dengan perintah rosulullah (waktu bapak hilang di masjidil haram) untuk mengambil batu dari Jabal Nur dan Arofah .Ketka sholat malam di Arofah bapak bertemu dengan hamba Allah Malaikat yang bernama ;THARFAYAIL dan JARYALIN.beliau adalah khadamnya asmaul husnah AR-RAHMAN dan AR RAHIM dan bertugas menjaga dan melayani serta diberi kekuasaan oleh Allah untuk jabal Rahmah.Arrofah, Baitul ZAM ZAM, SHOFA dan MARWA.Kedua malaikat itulah yang menunjukan batu yang harus diambil.Batu itu aku simpan aja di tasku sampai pulang ketanah air.

Pelaksanaan ibadah hajipun kami lalui dengan baik alhamdulillah kami diberi kekuatan sampai selesai.Kembali ke mekah untuk menunggu pulang dan Arbain di Medinah.selama kami menunggu pulang. Terlebih dahulu kami bersama seluruh rombongan ziarah ke tempat tempat bersejarah.Tiba di jabal nur,..(.bapak masih ingat perintah rosullullah untuk mengambil batu.).duduk disekitar bebatuan lereng jabal nur bersama ibu, kami terus berdzikir disitu….tiba tiba bapak menyuruh saya mengambil batu…" Ambil batu lima buah ": katanya ,saya nggak tahu pak batunya yang mana nanti salah….jawab saya ,"ambil saja mana yang kau inginkan".kata bapak. Lalu agak berjalan naik bukit…menuruti kata hatiku …dan aku ambil batu lengkap lima buah .

Ketika berdzikir di jabal nur ini bapak ketemu hamba Allah malaikat yang bernama : KAHYALIN dan KAH YAIL khadam asmaul husnah ALLAH, dan diberi kekuasan untuk jabal NUR, MASJIDIL AQSHO, MASJIDIL HARAM, BAITULLAH ( KA’BAH),HAJAR ASWAD (HIJIR ISMAIL) MASJID NABAWI, RAUDAH DAN MAKAM ROSULULLAH. Beliaulah yang mengingatkan untuk mengambil batu .

Akhirnya semua pelaksanaan haji kami lalui dengan selamat. (MUDAH MUDAHAN KAMI DIJADIKAN HAJI YANG MABRUR AMIN.) Dan oleh oleh terbesar dan tak ternilai harganya adalah .BATU JABAL NUR , dan BATU AROFAH .Bapak dan kami semua terus bertanya apa maksud batu ini tentu saja kami perlakukan seperti benda benda biasa kami simpan di almari. .Kemudian sesuai janji rosullullah setelah beberapa tahun kemudian bapak diberi ilmu oleh Allah tentang khasiat batu batu yang diambil dari mekah itu.tentu saja dengan melakukan riyadloh dan dzikir dzkir terlebih dahulu.Subhanallah….batu itu diperoleh bukan dari syethan tapi bener berner atas izin Allah dan rosulullah.Subhanallah batu dari jabal nur dengan izin Allah seperti komputer, seperti yang disebut dalam surat AL-‘Alaq :5 :" ALLAH MENGAJARKAN MANUSIA APA YANG TIDAK DIKETAHUINYA".(surat AL ‘ALAQ :5) SUBHANALLAH……. SUBHANALLAH…….LA HAULA WA LAQUWATA ILLA BILLAHI ‘ALIYIL ‘ADZIM…….

Perjalan haji saya isteri dan bapak serta ibu mungkin belum sempurna maka dua tahun kemudian tepatnya tahun 2002 kami kembali ke mekah melaksanakah ibadah umroh.(atas rekomendasi /anjuran waliyullah Syekh Maulana Malik Ibrahim sunan Gresik ) dan ternyata UMROH ini benar benar perjalanan spiritual yang lebih lengkap lagi insya Allah catatan akan kami kumpulkan dan sebagai sharing untuk teman saudara yang percaya dan tentu saja bukan untuk menggurui.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: